Friday, September 1, 2023

Marketing Skill Up Sibarista

Marketing Skill Up merupakan salah satu tahapan dari Program We Are All marketers Sibarista. Kegiatan yang berlangsung 30 Agustus 2023 di Rodjo Resto Siliwangi ini bertujuan untuk membekali para marketer lokal dari desa wisata dan rintisan wisata se Kota Semarang tentang konwlegde, skill dan praktek pemasaran langsung atau #directselling 

Peserta terdiri 23 Orang marketer lokal dari 12 Desa Wisata & Rintisan Wisata serta 1 Restoran Lokal Semarang  yaitu: Desa Wisata kandri, Desa Wisata Nongkosawit, Omah Ampiran Wonolopo, Wisata Mayangsari, Kampung Jambu kristal, Taman Setramban, Wisata Demoyo, Resto Rodjo, Kampung Pelangi, Curug Gondoriyo, Wisata Perahu Waduk Jatibarang, Desa Wisata Kedungpane (wisata jamalsari) dan Wisata Dung Tungkul Matesih.

Narasumber yang kita sebut fasilitator merupakan Sales Manager dari 6 Hotel berbintang di Kota Semarang yaitu : Hotel Grandhika, Artotel, Hotel Up Peak, Hotel Horison Alaska, Hotel Quest Simpang Lima dan  Hotel Noormans

Metode pembelajaran kombinasi antara diskusi kelompok dan praktek individu untuk setiap tahapan pemasaran langsung. Peserta di bagi ke dalam 4 Kelompok, dipimpin oleh seorang ketua kelompok dan dibimbing oleh seorang fasilitator. Setelah menyelesaikan diskusi kelompok, setiap peserta diminta menentukan target pasar yang akan dikunjungi untuk penugasan pemasaran langsung atau direct selling selama 2 minggu setelah pelaksanaan Marketing Skill Up.

Pasca penugasan akan di evaluasi case by case oleh fasilitator kemudian dibuat alternatif tindaklanjutnya :

1. Apakah peserta sudah mampu melaksanakan pemasaran langsung dengan baik? maka akan dilanjutkan ke tahap pembekalan untuk "table top handling"

2. Apakah masih ada hal - hal detail yang belum dikuasai oleh peserta sehingga perlu dilakukan pembekalan tambahan teknis direct selling? maka akan dilaksanakan pembekalan tambahan materi pemasaran langsung

3. Apakah masih ada komplain terhadap kesesuaian paket wisata dan harga yang ditawarkan? maka akan dilakukan evaluasi berdasarkan masukan di lapangan.

Semoga kegiatan yang merupakan inovasi program pemasaran desa wisata dan rintisan wisata ini mendapatkan hasil yang diharapkan dan berdampak bagi penjualan produk wisata masing - masing.


No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.