Wednesday, March 12, 2014

Menggagas Goa Kreo Yang Lebih Menarik

Beberapa saat yang lalu sempat berkunjung ke Daya Tarik Wisata Goa Kreo di Gunung Pati. Sudah banyak kemajuan sejak di bangunnya Waduk Jatibarang. Namun Daya Tarik Goa Kreonya sendiri belum banyak mengalami perubahan dalam artian belum ada tambahan fasilitas, atraksi maupun infrastruktur yang memadai. Hal menarik yang aku temui disana adalah bahwa wisatawan manca aku temukan beberapa yang berkunjung ke sana. Sehingga menggelitikku untuk bertanya, apa sebenarnya yang membuat wisman ini tertarik untuk berkunjung ke Goa Kreo. Dari sedikit wawancara sederhana dapat aku ketahui bahwa mereka tertarik untuk melihat Kera Ekor Panjang. 
Penampakan Mas Tebo di Depan Goa Pertapaan di Goa Kreo


Dari fakta ini maka tidak salah bila pengelola daya tarik wisata Goa Kreo tetap berusaha mempertahankan keberadaan Kera Ekor panjang dalam proses pembangunan Waduk Jati Barang dengan melakukan berbagai macam studi dan penelitian bekerjasama dengan Universitas Gadjah Mada. Suatu usaha yang patut untuk di apresiasi untuk mempertahanakan salah satu daya tarik yang memotivasi pengunjung ke Goa Kreo.
Hal lain yang kutemui adalah fakta bahwa sesungguhnya secara penampilan fisik Goa yang merupakan daya tarik utama Goa Kreo kurang menarik untuk dilihat, maka agar Goa Kreo ini menjadi menarik harus diperkuat dengan ceita sejarah kaitannya dengan sunan kalijaga, keberadaan kera-kera dan juga beberapa peninggalan lain seperti bambu krincing. Persoalan muncul karena di sana belum tersedia Guide atau Pramuwisata yang handal yang bisa bercerita kepada pengunjung. Untuk itu secara pribadi ku usulkan untuk diadakannya pelatihan pramuwisata di Goa Kreo pada tahun ini, walaupun tanpa anggaran dari APBD.
Keberadaan Pramuwisata ini kelihatannya sepele, namun dalam pandanganku akan membuat Daya Tarik Wisata Goa Kreo lebih menarik di mata pengunjung. Ibarat sebuah acara pertunjukkan, Pramuwisata di Goa Kreo nantinya akan seperti MC yang mampu menghidupkan acara walaupun mungkin acaranya kurang menarik. Apalagi sesungguhnya kera ekor panjang dan cerita tentang Keberadaan Goa, Sunan Kalijaga serta beberapa peninggalan termasuk keberadaan kera ekor panjang itu sendiri merupakan sebuah legenda yang sangat menarik.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.