Sunday, March 16, 2014

Sales Promotion Girl SPG Plus Plus di Kota Semarang

Sales promotion girls  menurut Poerwodarminto (1987:198), sales promotion girl merupakan suatu profesi yang bergerak dalam pemasaran atau promosi suatu produk. Profesi ini biasanya menggunakan wanita yang mempunyai karakter fisik yang menarik sebagai usaha untuk menarik perhatian konsumen.


Pengertian sales promotion girl ditinjau dari sistem pemasaran, Nitisemito (2001:53) berpendapat bahwa sebagai salah satu pendukung pemasaran suatu produk maka diperlukan tenaga promosi suatu produk sehingga mampu menarik konsumen. Selanjutnya,dengan kemampuan berpromosi yang dimiliki seorang sales promotion girl akan mampu memberikan berbagai informasi yang berkaitan dengan produk.

Pengertian yang lain menurut Retnasih (2001:23) menyatakan: "Sales promotion girl adalah seorang perempuan yang direkrut oleh perusahaan untuk mempromosikan produk." Pendapat ini melihat keberadaan sales promotion girls dari fungsinya yaitu sebagai pihak presenter dari suatu produk. Lebih lanjut pendapat ini mengilustrasikan bahwa tugas utama dari sales promotion girls adalah promosi produk, pada umumnya status sales promotion girls adalah karyawan kontrakan. Mereka dikontrak dalam kurun waktu tertentu untuk mempromosikan produk.

Dari berbagai pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa SPG atau Sales Promotion Girl adalah pekerja wanita dengan kriteria tertentu yang bertugas mempromosikan barang dan atau jasa kepada konsumen baik end user maupun resseler untuk meningkatkan penjualan dan citra perusahaan. Namun demikian tidak semua SPG mempunyai kemampuan dan ketrampilan yang memadai. SPG Plus atau SPG Plus Plus yang dimaksud dalam tulisan ini adalah SPG yang memenuhi kriteria tinggi sehingga benar - benar layak dan mampu meningkatkan penjualan serta citra produk yang dijual.

Menurut Dewandra Management (ModelSemarangdotCom) SPG Plus Plus bagi Anda, perusahaan atau event organizer yang membutuhkan layanan SPG Plus PlusYang kami maksud SPG Plus Plus adalah SPG yang punya banyak kelebihan dibanding SPG pada umumnya. Seorang SPG bisa mendapatkan predikat "Plus Plus" apabila dia memenuhi beberapa syarat berikut:
Punya wajah cantik
Penampilan menarik
Tinggi badan minimal 160 cm
Bentuk dan berat badan proporsional
Punya sikap yang ramah
Cerdas dalam berkomunikasi
Cekatan dalam bekerja
Punya daya tarik dalam menjual
Pandai menarik pembeli
Dan kelebihan-kelebihan positif lainnya


Jadi SPG Plus yang dimaksud disini bukanlah SPG yang menyediakan layanan tambahan kepada konsumen berupa "servis" atau "kencan" atau sejenisnya. Namun SPG yang benar - benar berkualitas. 
Dalam dunia pariwisata sistem direct selling juga banyak dilakukan oleh SPG dengan menyebarkan brosur, menjual paket ke daya tarik wisata, menawarkan meeting di hotel dan lain sebagainya.

*dirangkum dari berbagai sumber*

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.