Wednesday, January 22, 2020

{terus} BELAJAR MENDAKI GUNUNG


RESOLUSI 2020

Kehidupan itu seperti mendaki gunung. Untuk mencapai puncaknya butuh waktu dan perjuangan, setelah di puncak tak akan tinggal untuk selamanya. Semakin tinggi gunung yang akan didaki, semakin rumit rutenya, semakin komplek peralatannya dan semakin lama waktu yang dibutuhkan dan semakin tinggi pula kapasitas yang dibutuhkan oleh pendaki yang akan menggapai puncaknya.

Demikian pula kehidupan, untuk mencapai tujuan yang kita inginkan membutuhkan waktu dan perjuangan sehingga aku memilih untuk terus BELAJAR MENDAKI GUNUNG kehidupan. Untuk itu aku akan selalu belajar meningkatkan kapasitas diri dan bertindak lebih nyata dalam beribadah kepada Tuhan, berbakti kepada orang tua, memimpin keluarga, berinteraksi dengan  masyarakat, serta berinovasi dalam pekerjaan. Pembelajaran itu bukan sekedar untuk diriku sendiri namun aku akan berbagi dengan orang lain agar lebih bermanfaat untuk kehidupan di masa datang.

Beribadah Kepada Tuhan adalah hak sekaligus kewajiban setiap manusia yang beragama. Maka hidup akan dapat kujalani lebih mudah apabila setiap aktifitas yang kulakukan bertujuan untuk ibadah. Berbakti kepada orang tua bukan sekedar ajaran kebaikan, namun merupakan sebuah keasadaran diri untuk selalu mengingat kehidupan kita sejak masa dalam kandungan, lahir sebagai bayi, tumbuh menjadi anak – anak, remaja dan dengan segala kasih sayang orang tua dalam  membesarkan dan mendidikku sehingga menjadi diriku saat ini.

Keluarga adalah tempat pembelajaran pertama bagi orang tua dan anak – anaknya. Sebagai Kepala Keluarga, aku memilih untuk memberi contoh dalam detail – detail kehidupan sebagai cara untuk mendidik anak – anak dan keluarga. Memberi contoh beribadah sebelum menyuruh anak beribadah, memberi contoh sopan santun sebelum menegur perilaku anak yang kurang santun, dan contoh detail perilaku hidup lainnya.

Manusia adalah makhluk sosial yang selalu membutuhkan orang lain dalam kehidupannya. Sudah sewajarnya membangun hubungan baik dengan tetangga dan masyarakat sebagai perwujudan rasa saling membutuhkan antar sesama manusia. Mandiri bukan berarti tidak membutuhkan orang lain karena untuk membangun sesuatu yang  lebih tinggi dan lebih besar diperlukan kolaborasi.

Bekerja bukan sekedar mencari uang, menghabiskan waktu, tenaga, dan pikiran kita, lebih dari itu bekerja adalah ekspresi jiwa dan perasaan seseorang untuk menghasilkan karya terbaik  bagi umat manusia. Untuk itu aku akan selalu mencoba menghasilkan karya terbaik dengan terus berinovasi dan berkolaborasi.

 Maka aku akan terus BELAJAR MENDAKI GUNUNG, bukan hanya sebagai hobi melainkan agar aku bisa belajar menjalani  kehidupan ini dengan lebih kuat dan lebih baik.



                                                                                              Gd. Pandanaran, 07 -01 -20

                                                                                                                                           

           Kariswisata.id

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.