Pemasaran Desa Wisata
Seiring dengan meningkatnya kebutuhan wisatawan akan produk wisata desa, yang diikuti oleh pertumbuhan desa wisata di Indonesia yang kian menjamur, maka para pengelola desa wisata harus melakukan fungsi pemasaran yang lebih baik lagi agar lebih terkenal dan banyak dikunjungi, sehingga tujuan mensejahterakan masyarakat melalui kepariwisataan dapat tercapai. Dalam hal ini saya ingin berbagi mengenai langkah-langkah yang dapat dilakukan oleh pengelola desa wisata dalam memasarkan desa wisatanya pada era ekonomi berbagi (sharing economy) dan era digital pada saat ini. Berikut adalah langkah-langkah dari pemasaran desa wisata:
1. Identifikasi Produk
2. Rumuskan USPs (Unique Selling Proposition)
3. Tetapkan Target Pasar
4. Rumuskan Positioning
5. Bangun Identitas (brand)
6. Bangun Produk
7. Tetapkan Harga
8. Bangun Saluran Pemasaran
9. Lakukan Komunikasi Pemasaran
Penjelasan setiap langkah dapat dibaca pada link berikut :
9 langkah Pemasaran Desa Wisata | Pemasaran & Pariwisata
No comments:
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.