Saturday, February 11, 2017

Andai Aku Bikin Kompetisi Membuat Jalur Treking di Hutan Wisata Tinjomoyo, Apa Responmu?

Hutan Wisata Tinjomoyo adalah salah satu Hutan Kota yang terletak di Kota Semarang. Dari berbagai aspek Hutan Wisata Tinjomoyo memiliki banyak keunikan, antara lain : banyak spesies burung langka di alam bebas, masih terdapat kera ekor panjang liar, pada saat-saat tertentu ditemukan rusa liar, dibeberaoa lokasi ditanami berbagai pohon langka yang merupakan taman keanekaragaman hayati, dan keunikan lain yang dimiliki Hutan Wisata Tinjomoyo sebagai bekas Kebun Binatang
Banyak investor yang sudah melirik untuk mengembangkan Hutan Wisata Tinjomoyo ini, namun konsep pengembangannya belum sesuai yang diharapkan. Beberapa minggu terakhir ada investor yang ingin mengembangkan Hutan Wisata Tinjomoyo sebagai riset center bioteknologi. Tawaran yang menarik karena dari paparan para investor, konsep ini bisa dipadukan dengan tata ruang sekaligus konsep desain pengembangan yang sudah dibuat dalam Master Plan Hutan Wisata Tinjomoyo maupun DED nya.
Terlepas dari itu semua, sebagai Hutan Wisata seluas 56 hektar, Hutan Wisata Tinjomoyo masih dapat kita manfaatkan sebagai sarana rekreasi terutama bagi anak muda pecinta alam, pecinta satwa maupun pecinta spesies langka. Kontur yang berbukit dengan aliran sungai yang membelah tengah Hutan bisa menjadi daya tarik wisata tersendiri untuk dikembangkan. Untuk itu kurasa sungguh mengasyikkan andaikan kita adakan lomba membuat jalur treking di sana. Para peserta dibuat kelompok akan mengexplore daya tarik wisata yang ada. Mereka akan menentukan titik - titik yang terdapat point of interest kemudian menghubungkan titik - titik itu menjadi sebuah jalur treking. tentu saja ada pesyaratan yang harus dipenuhi, yaitu tidak boleh menebang pohon namun dibolehkan menebang ranting dan memetik sebagian daun-daunnya untuk memperlihatkan jalurnya, membuat shelter perlindungan dan membuat tanda penunjuk arah atau sign yang tentu saja alami. Jalur treking, shelter untuk perlindungan dan sign atau petunjuk arah akan menjadi 3 kategori yang dilombakan. 
Apa responmu? cukup menarik kah untuk kita realisasikan kompetisi ini?

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.