Sibarista pada awalnya adalah program pendampingan tata kelola dan peningkatan sdm pemandu wisata dari anggaran Dana Alokasi Khusus Bidang Pariwisata pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang selama tahun 2019 - 2021. Pada tahun 2022 anggaran untuk pendampingan tidak ada dan setelah di evaluasi program pendampingan secara formal tidak cukup efektif untuk menghasilkan ouput yang sudah di tentukan sehingga dibuatkan menjadi kegiatan informal yang dilakukan oleh Komunitas Pengelola Desa Wisata dan Rintisan Wisata se Kota Semarang.
Sibarista adalah kependekan dari Sinau Bareng Pemasaran Pariwisata yang bertujuan untuk :
1. Silaturahmi dan saling berbagi informasi perkembangan wisata di tempat masing2 antar pengelola daya tarik wisata dan desa wisata khususnya untuk penelola rintisan wisata
2. kolaborasi pemasaran antar pengelola dengan menciptakan paket paket wisata bersama, saling tukar media promosi dan saling merekomendasikan kepada wisatawan
3. Menciptakan produk wisata di tempat masing untuk membuat paket atraksi baru, menambah variasi paket untuk target pasar yang berbeda , memfokuskan paket / produk wisata kepada target pasar tertentu yang di dorong oleh kebutuhan / permintaan pasar
4. Meningkatkan kapasitas dan kualitas SDM dalam pemasaran digital melalu platform media sosial, website, blog, google bisnis dst
5. Hal2 diatas di kemas dalam bentuk Sinau bareng. Yang sudah pinter membimbing yg masih belajar, yang sudah bisa membimbing yang belum bisa, yang lebih memberi bimbingan yang masih kurang dst
Dan apabila diperlukan satu dua kali mendatangkan narsum yang sesuai dengan kebutuhan aktual di lapangan
No comments:
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.