Thursday, August 10, 2023

Inovasi Pariwisata Kota Semarang : We Are All Marketers - 1

SIBARISTA, FK Deswita dan FK Pokdarwis

Sibarista akronim dari Sinau Bareng Pemasaran Pariwisata. Sibarista  merupakan  komunitas pejuang dan pengelola rintisan wisata dan desa wisata di Kota Semarang serta pribadi - pribadi yang mau mengabdikan dirinya untuk pengembangan pariwisata di Kota Semarang dari Unsur ABGCaeM (Akademisi, Bisnis, Government, Community dan Media).

Dari Unsur Akademisi antara lain beberapa Dosen STIEPARI, Unisbank, UDINUS, GRAWIS, UNNES dan UPGRIS, dari Unsur Bisnis antara Lain dari GM dan Marketing Hotel, Resto dan Cafe, dari Unsur Government antara lain Bappeda, Bagian Humas, Bidang-bidang di Disbudpar Kota Semarang, dari unsur Komunitas GENPI Kota Semarang, Genpi Kedungsepur dan Genpi Jateng, serta unsur media dari TATV dan Ayo Media.


Forum Komunikasi Deswita adalah organisasi resmi dibawah binaan Dinas Kebudayaaan dan Pariwisata yang anggotanya merupakan institusi Desa Wisata se Kota Semarang, sementara itu Forum Komunikasi Pokdarwis adalah organisasi resmi dibawah binaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata yang anggotanya merupakan isntitusi Kelompok Sadar Wisata di Kota Semarang.

Komunitas sibarista mengkoordinasi, mensikronisasi dan mengkolaborasikan kegiatan anggota desa wisata, rintisan wisata dan juga kelompok sadar wisata untuk menciptakan atraksi wisata, paket wisata dan produk wisata lainnya sekaligus mempromosikan dan menjual ke target pasar 

KEPENGURUSAN SIBARISTA

Komunitas Sibarista dipimpin seorang Koordinator. Dalam menjalankan program kerjanya dibantu oleh Ketua FK Desa Wisata dan Ketua FK Pokdarwis. Apabila diperlukan, koordinator sibarista akan membentuk Tim Khusus untuk tujuan tertentu.

PROGRAM KERJA SIBARISTA

1. Monthly Meeting

2. Pendampingan Rintusan Wisata & Desa Wisata

3. We Are All Marketers

bersambung

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.