Monday, August 14, 2023

Inovasi Pariwisata Kota Semarang : We Are All Marketers - 2

 Program Kerja 

1. Monthly Meeting

Sibarista beranggotakan kurang lebih 250 orang dari 50 Istitusi #ABGCaeM. Setiap hari komunikasi dan koordinasi melalui Whashapp Grup #sibarista dengan sangat inten membahas perkembangan pariwisata di Desa Wisata dan Rintisan Wisata Masing-masing antara lain pembangunan infrastuktur, pelatihan, pertemuam rutin pengelola, penerimaan kunjungan tamu ataupun pelaksanaan pemberdayaan masyarakat lainnya.

Sangat menarik mengikuti perkembangan masing - masing tempat wisata yang beraneka ragam karena substansi pembangunan maupun kecepatannya juga sangat bervariasi. Ada yang setiap hari menerima kunjungan  wisatawan, ada yang setiap weekend menerima tamu ratusan orang, ada yang sebulan sekali menerima segelintir kunjungan tamu, ada yang sudah menerima kunjungan tamu mancanagera, namun juga masih ada yang setahun sekali belum tentu menerima tamu (komersial).

Tamu komersial yang dimaksud disini adalah tamu yang datang berkunjung karena membeli paket wisata atau tiket masuk atau berbelanja di Desa Wisata atau Rintisan Wisata.

Untuk meningkatkan kinerja Desa Wisata dan Rintisan Wisata dilaksanakan pembinaan secara berkala yang dikemas dalam program Monthly Meeting. Setiap Desa Wisata dan rintisan wisata secara bergantian akan mengajukan diri menjadi tuan rumah. Dalam #monthlymeeting dibahas bebrapa hal antara lain :

Tata Kelola Destinasi 

Tata Kelola Destinasi dibahas dalam satu grup kecil, dua orang sebagai fasilitator dan anggota lainnya akan menjadi peserta diskusi. Fasilitator akan memimpin jalannya diskusi untui menghasilkan produk tata kelola tertentu, misalnya SOP Pelayanan di Rintisan Wisata A, SOP PPGD di Rintisan Wisata Alam B, SOP Parkir di Desa Wisata C dan seterusnya

Peningkatan Atraksi Wisata dan Infrastruktur

Seorang local champion salah satu desa wisata atau rintisan wisata ditunjuk sebagai fasilitator untuk membagikan ilmud an pengelamannya dalam meningkatkan daya tarik dan infrastruktur beserta strategi pendanaannya.

Pembuatan Paket Wisata dan Pemasaran

Setiap rintisan wisata dan desa wisata diwajibkan minimal mempunyai 1 paket wisata sebagai produk unggulan. Apabila atraksinya kurang cukup menarik akan di kolaborasikan paket wisatanya dengan desa wisata atau rintisan wisata dalam kawasan yang berdekatan sehingga membentuk pola perjalanan

Produk Wisata & Layanan Konsultasi Lainnya

Diantara beberapa peserta masih ada yang masih bingung mau membuat produk wisata apa, atau kuliner apa atau oleh - oleh apa atau bahkan belum punya gambaran tentang atraksi yang akan dibuat paket wisata, maka di kelompok inilah forum yang paling tepat untuk #curcol #curhat dan mengeluarkan #uneguneg nya kepada fasilitator dari dinas adan akademisi


2. Pendampingan Rintisan Wisata & Desa Wisata... (bersambung)


No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.