Friday, August 14, 2015

Arti Penting Sahabat : Curhat Kualitatif



Sebagai makluk sosial, manusia tidak dapat hidup sendiri. Konsekwensi dari hal tersebut maka manusia harus bergaul dan membutuhkan orang lain dalam hidup dan kehidupannya. Paul Turner dalam bukunya "Cermin Jati Diri" mengatakan bahwa apabila seseorang ingin mencapai puncak prestasinya maka minimal harus memiliki satu orang teman/sahabat yang dapat dipercaya dan memberikan rasa aman.
Dalam konteks ini bisa dipahami bahwa kita sebagai manusia menghadapi banyak persoalan dalam mengarungi hidup dan kehidupan. Sehingga mempunyai kebutuhan  untuk berbagi dengan orang lain agar segala macam pikiran yang ada dalam kepala kita bisa berkurang. Syarat harus dapat dipercaya dan memberi rasa aman inilah 2 kriteria yang sulit dipenuhi. Kadang dapat dipercaya dan memberi rasa aman tapi dingin. Sebaliknya banyak teman disekitar kita yang hangat dan pandai mengambil hati kita untuk memberi motivasi tapi kita sulit mempercayainya.
Gampang - gampang susah, begitulah kiranya untuk menggambarkan pertemanan kualitatif. Namun kita harus optimis bahwa hidup kita akan penuh warna dengan pertemanan kuantitatif memiliki banyak teman, dan hidup kita akan memberi manfaat kepada sesama kalo kita punya teman kualitatif.
Jadi apakah kita akan berteman dengan banyak orang? memilih satu atau dua yang kualitatif atau kombinasi keduanya adalah pilihan masing-masing. Penulis hanya mengingatkan pentingnya berteman khususnya pertemanan kualitatif untuk memaksimalkan potensi yang ada dalam diri kita.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.