Thursday, March 23, 2023

Tingkatkan SDM dan Tata Kelola, Disbudpar Kota Semarang Gelar Sinau Bareng Pemasaran Pariwisata

BANYUMANIK, AYOSEMARANG.COM - Disbudpar Kota Semarang menggelar Sinau Bareng Pemasaran Pariwisata di Kelurahan Pudak Payung, Sabtu 16 Juli 2022.

Sinau Bareng Pemasaran Pariwisata oleh Disbudpar Kota Semarang itu digelar di Wisata Alam Kedung Beras.

Adapun peserta dalam Sinau Bareng dari Disbudpar Kota Semarang ini adalah para pegiat wisata di Kota Semarang. Kasi Informasi Budaya dan Pariwisata Disbudpar Kota Semarang Agus Kariswanto menyampaikan dalam hal ini fokusnya memang untuk pengembangan sumber daya manusia

Masyarakat ini kan di tempatnya punya potensi, namun cara untuk mengemas banyak yang belum tahu. Nah, di sinilah peran kami untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan tata kelola," ucap pria yang akrab disapa Karis tersebut.

Dalam Sinau Bareng, Karis mengungkapkan jika tidak ada narasumber yang dihadirkan. Namun yang menjadi penyampai materi adalah para pegiat wisata yang terbukti sudah sukses dalam mengembangkan pariwisata di daerahnya.

"Jadi yang sudah punya paket pariwisata ngajari yang belum punya. Lalu yang paket wisatanya sudah laris, ngajari yang belum laris," paparnya.

Teknis yang dilakukan adalah dengan membentuk kelompok-kelompok kecil lalu saling berdiskusi.

Dalam kelompok-kelompok kecil itu, para pegiat wisata saling sharing untuk berbagi pengalaman dan teknis mengani cara membuat paket wisata dan mengembangkan potensi-potensi yang ada.

"Kayak di Jomblang ini kan sedang merintis. Maka sekalian ini 'sinau bareng' bersama para pegiat wisata lain agar saling berbagi tentang pariwisata di Kota Semarang," sambungnya.

Salah seorang peserta adalah Tarti yang kebetulan juga menggiatkan masyarakatnya untuk pengelolaan bank sampah di Tinjomoyo."Tapi kami belum tahu banyak soal branding-nya. Makanya dengan datang ke sini, kami diajarkan banyak bagaimana pengemasan dan penjualannya," katanya.

sumber : Tingkatkan SDM dan Tata Kelola, Disbudpar Kota Semarang Gelar Sinau Bareng Pemasaran Pariwisata - Ayo Semarang - Halaman 2

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.