Tuesday, April 29, 2014

Tata Cara Mandi Sehat

Suatu ketika saya lagi sakit, badan panas, suhu agak tinggi sehingga terasa demam, tapi badan rasanya lengket pengen mandi. Dengan menahan rasa dingin yang sangat, aku pergi ke kamar mandi dan segera melepas pakaian. Tanpa disengaja maka aku mandi dengan urutan tertentu, mula-mula aku celupkan telapak tanganku ke dalam gayung, lalu kucipratkan air dari gayung ke tangan sampai siku, setelah itu gayung ku angkat dan air kusiramkan ke kedua kakiku, lalu aku mengambil air lagi ke dalam bak mandi dan kusiramkan ke kaki makin ke atas, makin ke atas perlahan lahan dan terus ke atas sampai akhirnya siraman gayung ke 7 atau 8 tepat menyiram mukaku.
Itu kulakukan karena aku merasa dingin ketika sakit mau mandi, berbeda di kala sehat, begitu habis lepas baju langsung byur byur byur menyiram seluruh tubuh dengan air bak mandi. Namun beberapa waktu kemudian aku membaca sebuah artikel tentang mandi yang benar, ternyata justru cara mandinya seperti ketika aku sedang sakit.... waduh...
Kupikir-pikir ada benarnya juga, karena dengan mandi seperti ketika aku sedang sakit, maka tubuh kita akan mengalami penyesuaian suhu secara perlahan sehingga akan terhindar dari perubahan suhu yang ekstrem.... semoga ada manfaatnya...

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.