Wednesday, May 7, 2014

Belajar Dari Mourinho, Guardiola dan Simeone

Siapa yang tak kenal Jose Mourinho, Sang Pelatih Sepakbola dengan segudang prestasi menjuarai 3 liga dinegara yang berbeda dan juara liga Champon dengan 2 klub yang berbeda? Siapa yang tak kenal Guardiola? Mantan pelatih Barcelona yang menciptakan sepakbola atraktif tiki taka? Namun untuk Simeone? mungkin tidak banyak yang kenal karena prestasinya sebagai pelatih belum semoncer 2 pelatih sepalbola yang disebut di depan.
Namun tahun ini Simeone mulai memancarkan sinar terang bak bulan purnama. Atletico Madrid yang dilatihnya dibawanya ke Final Liga Champion yang laga finalnya masih tanggal 24 mei mendatang. Tak hanya itu, di la liga saat ini juga memuncaki klasemen sementara, unggul 3 poin dari Barcelona dan 4 Poin dari Real Madrid dari 2 laga sisa. Sungguh luar biasa performa Atletico dibawah asuah  Simeone. Lalu kenapa kita harus belajar dari mereka bertiga? apa kelebihannya masing - masing sehingga kita harus meneladaninya?
Jose Mourinho adalah pelatih sekaligus mentor mental yang unggul. Entah apa yang sering dikatakan di ruang ganti pemain, namun acapkali satu atau dua patah katanya bisa membangkitkan semangat tim untuk meraih kemenangan. Dan tak hanya itu. di setiap tim yang dilatihnya selalu membawa auro mental juara. Terlepas juga pernah kalah dan pernah gagal, namun prosentase kemenangan dan tim tim polesannya sungguh mencengangkan/
Guardiola? banyak orang menganggap hanya cocok untuk melatih Barcelona, namun kehadirannya di Bayer Munchen tahun ini telah membalikkan opini publik. Bayer dibawanya juara liga jerman jauh sebelum kompetisi selesai, walaupun secara prestasi untuk tahun ini menurun dibandingkan era pelatih tahun lalu, namun ide dan gagasal sepakbola menyerangnya sungguh luar biasa.
Simeone? pancaran sinar cemerlang pelatih yang satu ini ternyata menurut pengakuannya merupakan hasil pembelajaran dari Mourinho dan Guardiola? Haa? Kok bisa? tentu Sikap mental juara dan Seni sepakbola bertahan ala Mourinho dia padukan dengan banyaknya ide dan gagasan Guardilola yang mengusung sepakbola menyerang menjadikannya Atletico Madrid bermain enak di tonton dan penuh variasi dalam menyerang maupun bertahan.
Apa yang dapat kita petik? selain kita harus belajar dari pengalaman sendiri, kita juga perlu belajar dari pengalaman orang lain yang menurut kita patut di teladani, entah suka atau tidak suka. Simeone membuktikannya!

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.