Monday, October 20, 2014

Pertimbangan Penting Jika Ingin Memulai Bisnis Kafe

Kafe merupakan tempat masyarakat urban bersosialisasi. Tujuan utama orang pergi ke kafe adalah untuk bertemu, berbincang, bersantai, melepaskan kepenatan pekerjaan, sambil makan dan minum. Suasana yang cozy (nyaman) dan fasilitas yang lengkap merupakan hal yang paling dicari para penikmat kafe.

Berikut hal-hal yang perlu dilakukan saat Anda ingin membuat kafe.

1. Tentukan target market kafe Anda.
Tentukan apakah kafe Anda akan menyasar anak muda, wanita sosialita, paruh baya, bisnis people, dan sebagainya. Ini penting dilakukan agar Anda bisa lebih detail pada proses selanjutnya. Anda akan tahu apa makanan yang sesuai dengan target market Anda, konsep kafe yang pas buat mereka, harga makanan, dan banyak hal detail lain.

2. Buat konsep yang unik dan menarik.
Bisnis kafe adalah bisnis word of mouth. Bila kafe Anda unik, asik dan menarik, semua orang akan menjadi agen marketing Anda dan menarik orang lain untuk datang ke kafe Anda.
Konsep atau tema ini meliputi interior, makanan, fasilitas, ataupun layanan unik di kafe Anda. Contoh: Anda ingin membuat kafe dengan konsep Back to 80’s, untuk target market umur 40-an. Untuk mendukung konsep tersebut Anda memerlukan interior desain 80-an, musik hidup klasik rock dan layar lebar yang memutar Bon Jovi, makanan Indonesia tradisional dan internasional, pramusaji yang bergaya ala breakdancer.

3. Lokasi
Cari lokasi yang sesuai dengan konsep Anda. Sesuaikan dengan target market yang Anda tuju. Perlu Anda riset lebih seksama, mana lokasi yang paling pas dengan konsep kafe Anda dan berapa investasi yang perlu dikeluarkan. Lokasi sewa atau dipunyai sendiri juga sangat menentukan perhitungan bisnis Anda.

4. Menu makanan
Cita rasa makanan merupakan hal penting di sebuah kafe. Pelanggan akan kembali lagi ke kafe Anda karena jatuh cinta pada menu tertentu. Perencanaan menu makanan tidak bisa dianggap remeh. Anda perlu untuk menyewa ahli masak yang handal untuk menyusun menu, menyusun resep unik ala kafe Anda, mendesain cara penyajian dan menentukan harga jualnya.

5. Buatlah Rencana Bisnis
Bila semua hal sudah ada di kepala Anda, buatlah rencana bisnis. Detailkan kegiatan apa saja yang akan Anda lakukan untuk membuat kafe, apa saja yang dibutuhkan, dan berapa investasi yang akan Anda keluarkan. Dari investasi tersebut prediksikan kapan uang Anda kembali. Saat Anda membuat rencana bisnis, Anda akan bisa melihat lebih jelas apakah bisnis Kafe ini feasible.

6. Beli Franchise/Waralaba.
Alternatif lain untuk membuat kafe adalah mempertimbangkan untuk membeli franchise dari kafe yang sudah ada dan sudah punya nama. Namun tentunya perlu modal dana lebih banyak lagi karena harus membayar biaya franchise/waralaba
sumber : Ciputra

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.