Wednesday, April 15, 2015

Bekerja Panggilan Hati atau Karena Gaji dan Honor?


Beberapa hari terakhir jam kerja kantor tak menentu, kadang sampai jam 18.00, kadang sampai 20 dan semalam bahkan sampai jam 23.00. Tentu saja jam kerja jauh melampaui jam kerja kantor yang hanya sampai dengan pukul 15.30. Pertanyaan yang muncul adalah untuk apa kita bekerja? ikhlas gak menjalani tugas yang dibebankan pada kita oleh pimpinan?

Ide menulis ini karena kemaren ketika bertugas di sebuah gedung yang cukup terpandang bertemu dengan seorang pramusaji yang bekerja pada gedung tersebut. Dia membuka pembicaraan dengan tema pekerjaan. Tak berapa lama akrab dan dia menanyakan adalah lowongan kerja untuknya atau tidak. Perbincangan saat istirahat itu sampai pada besaran gaji pramusaji sebutkan yaitu hanya 1,2 juta per bulan. Dia bercerita bahwa sebelumnya bekerja sebagai OB di sebuah bank swasta, karena tergiur pekerjaan yang tadinya dikira menjanjikan baik dari status sosial maupun besaran gaji, ternyata harus kecewa melihat kenyataan saat ini.

Niat untuk menulis judul ini tambah menguat ketika beberapa teman yang mengikuti tugas yang sama beberapa kali menyebut soal honor. Intinya bekerja lembur dan bersusah susah namun gak ada honornya. Tentu saja aku hanya senyum - senyum saja karena dalam hatiku tidak mempermasalahkan kegiatan itu ada honornya atau tidak. Kita sudah digaji per bulan dengan profesi yang kita pilih. Cukup tidak cukup ya harus cukup. Kalo kita merasa tidak cukup dan tidak bisa mencukup - cukupkan ya mestinya berusaha berganti profesi dengan melihat potensi diri dan peluang yang ada.

Kita sudah memilih maka kita juga harus memberikan yang terbaik untuk pekerjaan kita, harus ikhlas dan juga menjalani dengan riang dan gembira betapapun beratnya tugas yang kita emban. Untuk menambah penghasilan kita berusaha tentu saja boleh, selama tidak mengganggu pekerjaan pokok kita. Di atas adalah print screen hasil aktifitas yang kulakukan sehari - hari tanpa menganggu pekerjaan pokok, yaitu dengan ngeblog.

Ngeblog bisa menjadi aktifitas hobi yang menghasilkan, walaupun tujuan utama aku menulis di blog bukan tentang berapa uang yang ku dapatkan, namun lumayan juga buat nambah-nambah penghasilan untuk memenuhi kebutuhan. Nge blog tujuanku untuk berbagi cerita untuk pembelajaran bersama, baik bagi pembaca maupun diriku sendiri. Namun Alhamdulillah dengan niat yang baik dan ikhlas ternyata menghasilkan. 
Jadi mau milih bekerja dengan selalu menggerutu dan menyalahkan pilihan kita? atau menjalani dengan iklhas dan mencari peluang tambahan?
Pesan : Bekerja harus dengan niat yang baik, ikhlas dan selalu memberikan yang terbaik. Itu semua hanya bisa terjadi klo kita bekerja dengan hati kita. Mencari alternatif tambahan penghasilan oke saja asal tidak mengganggu pekerjaan pokok kita.

Yuk terus berbagi! karena berbagi itu indah dan insya allah banyak manfaatnya!

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.