Monday, May 11, 2015

Komitmen Untuk Fokus dan Produktif




Nenek ini sedang berjalan menggendong barang dagangan menuju ke pasar Sorobayan. Setiap hari pasaran selalu dan selalu pergi ke pasar untuk menjajakan dagangannya. Di usia senja masih berkomitmen untuk menafkahi keluarganya dengan bekerja dan terus bekerja pada bidang yang ditekuninya dan tetap produktif. Hal ini menarik karena berkomitmen untuk fokus dan produktif ini dibutuhkan kemauan yang keras untuk dapat mewujudkannya. Satu contoh masih banyak orang di usia produktif belum bekerja karena menunggu pekerjaan yang sesuai yaitu kerja kantor. Contoh lain ada yang sudah bekerja namun sering berganti - ganti mencoba yang baru dan ada juga bekerja pada bidang tertentu namun tidak cukup produktif.
Komitmen mengandung 2 makna kata yaitu janji dan tanggung jawab. Janji untuk melakukan sesuatu yang harus dipenuhi dan tanggung jawab atas hasil yang sudah dilakukan. Sedangka dalam kaitannya dengan aktifitas atau pekerjaan, fokus berarti memiliki konsentrasiyang mendalam pada hanya satu kegiatan/pekerjaan. Saat perhatian kita terpecah karena mendapatkan banyak tugas yang harus segera diselesaikan biasanya kita kehilangan fokus. Kehilangan fokus merupakan hal yang tidak tampak, tetapi dampaknya sangat besar. 
Produktivitas dipengaruhi oleh kemampuan kita untuk tetap fokus. Semakin kuat kemampuan fokus, maka produktivitas kita semakin tinggi. Tentu saja idealnya seperti itu, namun kembali lagi bahwa kehidupan nyata sulit untuk mendapatkan yang ideal, sehingga fokus juga bukan berarti hanya mengerjakan satu kegiatan saja, namun kita dituntut untuk lebih konsentrasi menyelesaikan pekerjaan satu demi satu sampai tuntas, tidak dengan cara mengerjakan satu belum selesai kemudian ganti yang satunya dan seterusnya.

Pesan : Dalam melaksanakan aktifitas, dibutuhkan komitmen agar bisa berfokus dengan apa yang sedang kita kerjakan dan produktif. Untuk itu diperlukan kemauan dan kemampuan koonsentrasi pada bidang pekerjaan yang telah kita pilih.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.