Sunday, November 16, 2014

Kado Istimewa Hari Minggu

" Semangat Malam Pak, Hari ini saya pelatihan guide di lokasi KKN. Berbicara di depan masyarakat itu tidak mudah, dan tiba - tiba saya teringat latihan presentasi saat hadiah ulang tahun saya. Bagaimana membuat suasana yang menyegarkan dengan joke joke yang sesuai dengan audience dan situasi kondisi nya"


Bunyi sms itu mungkin bagi orang lain tidaklah banyak berarti, namun bagi yang berkepentingan sangatlah bermakna dalam bagi yang mengalaminya. Seakan makna dari sms itu adalah penegasan bahwa pilihan pesta sanguinis sebagai hadiah ulang tahunnya yang ke 21. Sebuah pesta ulang tahun yang lebih mirip sebagai pendidikan dan latihan selama 24 jam.
Pendidikan latihan yang dimulai sejak jam 8 pagi. Sambil makan pagi berdiskusi merancang kegiatan, beradu argumentasi ketika menentukan pilihan-pilihan sampai pada sebuah kesimpulan bahwa sepakat untuk berpesta selama 24 jam dengan menu pesta yang sudah disepakati pula. Tujuan pertama adalah Deswita di daerah terpencil dengan daya tarik utama adalah wisata alam berupa curug.
Tema pesta sanguin  di Deswita adalah "Mengemas Kearifan Lokal Untuk Menambah Daya Tarik Deswita dan  mempelajari keterlibatan masyarakat lokal untuk meningkatkan pemberdayaan masyarakat di Deswita" Karena daya tarik wisata utamanya berupa curug maka materi tentang interpretasi fenomena alam menjadi dasar utama sebelum melakukan kegiatan lapangan, oleh karena itu pesta dimulai dengan diskusi tentang pengamatan lanscape atau bentang alam. Bagaimana melakukan pengamatan burung maupun pengamatan katak, bagaimana mendeskripsi bentang alam tersebut, bagaimana mendeskripsi isi bentang alamnya dan seterusnya. Kemudian untuk kearifal lokal menyangkut adat istiadat dan budaya setempat pembekalan berupa bagaimana memilih responden untuk diwawancara dan bagaimana cara mewawancarainya.
Tak kalah pentingnya adalah melakukan pengamatan infrastruktur dan fasilitas yang sudah ada di evaluasi, apakah sesuai atau tidak dengan potensi kearifan lokal deswita tersebut. (Bersambung : Kado Lain Di Akhir Pekan)

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.