Wednesday, June 25, 2014

Apa Itu Pertemanan Kualitatif?

Manusia adalah makluk sosial, maka sudah bukan rahasia bahwa setiap orang membutuhkan orang lain. Artinya manusia tidak bisa hidup sendiri, sehingga satu dengan yang lain saling membutuhkan. namun demikian, tentu saja tidak bisa setiap orang yang ada disekitar kita dapat kita kenali dengan baik, maka statusnya pun bisa macam-macam, bisa tetangga, pacar, suami, istri, anak, bapak, ibu, nenek dan seterusnya. Dan salah satu status hubungan yang penting dan sangat menarik untuk dibahas adalah teman.

Teman atau pertemanan sangatlah unik untuk dibahas karena mengandung banyak arti bagi masing-masing individu. Pertemanan ada yang bersifat kuantitatif namun juga ada yang kualitatif. Kuantitatif yang dimaksud adalah bahwa dalam berteman, seseorang mempunyai banyak teman yang merasa dikenal, namun hanya sebatas kenal dan say helo saja. Sementara ada pertemanan yang bersifat kualitatif yaitu jenis pertemanan yang masing-masing mengenali temannya dengan sangat mendalam.

Mengenali karakter, mengenali kebiasaan-kebiasaannya, mengenali keinginannya, mengenali tujuan hidupnya, mengenali selera pacarnya, dan juga mengenali visi dan misinya. Itulah pertemanan kualitatif. Konon menurut ahli psikologi, bahwa seseoarng membutuhkan meninimal 1 orang teman yang dapat menerima kita apa adanya dan mampu memberikan rasa aman agar kita bisa mengembangkan potensi yang ada dalam diri kita secara optimal. sehingga pertemanan kualitatif sangatlah penting dan sangat dianjurkan untuk kita semua. Minimal 1 teman.

Semoga ada manfaatnya dan Salam Sukses

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.