Saturday, June 7, 2014

Tips dan Kiat - Kiat Lolos Ujian CPNS : Calon Pegawai Negeri Sipil

Belakangan ini rame diberitakan akan dibuka ribuan lowongan cpns di seluruh Indonesia. Hal ini tentu merukan peluang kerja yang cukup menarik untuk angkatan kerja yang belum bekerja. Tentu sana lowongan cpns yang tersedia dipastikan lebih sedikit dari jumlah angkatan kerja yang akan mencoba peruntungan mendaftar seleksi cpns, untuk itu diperlukan kiat - kiat atau tips agar bisa lolos dan diterima menjadi pns. Berikut beberapa tips yang harus diperhatikan :
1. Dapatkan informasi lowongan cpns seluas luasnya baik instansi penerima, formasi lowongan maupun jumlah dan syarat setiap formasi.


2. Kelola informasi tersebut berdasarkan waktu pelaksanaan tes, apabila waktu pelaksanaan berbeda, dimungkinkan mendaftar lebih dari 1 instansi. Misalnya CPNS Pusat Kementerian dan CPNSD Kabupaten/Kota.
3. Tentukan formasi yang sesuai dengan minat dan bidang yang kita kuasai lalu bandingkan antara yang satu institusi dengan yang lain pada formasi yang sama.
4. Tidak dianjurkan memilih formasi yang syaratnya terlalu umum, misalnya formasi  "perencana program dan evaluasi" syarat lulusan ekonomi manajemen, ekonomi pemasaran, akuntansi dan ekonomi pembangunan. Lebih disarankan yang spesifik, misalnya : Formasi "Perencana Program dan Evaluasi" syarat lulusan ekonomi pemasaran.
5. Setelah menentukan pilihan jangan lupa belajar soal - soal cpns terdahulu untuk memperdalam ilmu dan menyiapkan bekal sebaik baiknya sebelum tes.
6. Minta doa restu pada orang tua, dan berdoa setiap saat pada Tuhan sesuai keyakinan masing - masing. Untuk masalah pekerjaan bagi yang muslim di sarankan sholat sunat dhuha.
7. Ikuti tes sesuai jadwal dan petunjuk yang telah ditentukan.
8. Kerjakan tes dengan penuh percaya diri, tidak perlu melihat kiri kanan, dan yakinlah dengan kemampuan diri sendiri.
9. Tunggu kabar hasil kelulusan dengan tetap berdoa.
10. Apabila sukses, syukurilah dengan penuh suka cita, apabila belum berhasil jangan kecewa. Ulangi dikesempatan berikutnya. Klo sudah rezeki gak akan lari kemana..

Demikian saran dan kiat-kiat bagi yang ingin melamar formasi lowongan kerja cpns di lingkungan pemerintah daerah, pemerintah kab/kota maupun pusat. Semangat Mencoba!

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.