Tuesday, June 3, 2014

Sunan Kuning Semarang Tempat Nongkrong Yang Populer dan Unik

Sunan Kuning adalah sebuah lokalisasi di Kota Semarang. Sak Jek Jumlek belum pernah masuk dan mengamatinya. Sore ini saya berkesempatan masuk, melihat dan memantau keberadaan pusat bisnis hiburan yang begitu kesohor dan fenomenal ini. Niatnya cuma satu, ada apa di sana?
Sebelumnya aku membayangkan yang namanya lokalisasi itu seperti rumah dengan banyak kamar plus, kemudian ada tempat duduk di teras sebagai tempat wanita penghibur setengah baya atau STW menawarkan diri pada pengunjung yang datang. Namun ternyata sungguh berbeda. Begitu masuk ke salah satu gang, hampir semua rumah menawarkan karaoke, usaha warung makan atau warung kopi untuk duduk - duduk. Suara musik hingar bingar langsung terdengar membahana menyambut kedatangan kami. Sore hari pengunjung sudah sangat rame.
Pemandangan yang unik ketika aku mencoba masuk ke salah satu karaoke lokalisasi sunan kuning, ternyata lagu - lagunya masih berupa kaset kepingan cd. Sehingga setiap pengunjung yang berkaraoke harus request ke petugas pemilih lagu di bilik sebelah. Inilah uniknya. Dan konon ini adalah keunikan karaoke di sunan kuning semarang tiada duanya. Pengamatan berikutnya tak lupa menghampiri para pemandu karaoke. Sekilas masih tampak sangat muda, kusempatkan sedikit mengobrol dengan beberapa pemandu. Sebut saja bunga, usia 21 tahun. Dari perbincangan terkuak dia bekerja sudah 3 tahun, artinya bunga masuk sunan kunung sebagai pemandu sejak 18 tahun atau lulus sma.
Nah sebenarnya masih ada rasa penasaran yang belum terjawab. Namanya lokalisasi tentu saja harusnya ada layanan plus kepada pengunjung, lalu kamar - kamarnya dimana? bagaimana cara transaksinya? siapa yang memberikan layanan plus itu? apakah pemandu karaoke ini juga sekaligus penjanja cinta? 
Sejujurnya aku tidak berani untuk bertanya kepada bunga, Alasanya 1. Takut menginggung harga dirinya sebagai wanita 2.Takut dikira intel yang menyamar dan 3. takut ditawari plusnya dan gak bisa kabur....
Begitulah ulasan sederhana tentang popularitas sunan kuning sebagai salah satu lokalisasi di kota semarang dengan segala keunikannya.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.