Tuesday, March 17, 2015

Ajining Diri Gumantung Ono Lathi

Pepatah jawa ini sangat dalam maknanya. Ajining Diri Gumantung Ono Lathi. " Harga diri seseorang bergantung pada perkataannya" kira - kira terjemahan bebasnya seperti itu. Klo dari pandangan penulis makna tersebut meliputi :
1. Tutur kata atau sopan santun dalam berkata
2. Kepercayaan terhadap substansi isi perkataannya yang bisa dipegang alias tidak mencla-mencle.
Dalam beberapa kasus bahwa makna pertama yaitu banyak orang yang bisa bertutur kata dengan halus dan sopan, namun tidak bisa dipercaya. Kepada A ngomong x, kepada B ngomong y dan kepada c ngomong z. Ini sungguh berbahaya karena bisa memecah belah atau justru memang ada maksud untuk memecah belah.
Dalam kasus yang lain perkataan seseorang dapat dipercaya, namun dalam berkata jujur, dan terbuka tanpa mempertimbangkan apakah perkataannya dapat melukai perasaan orang lain / kelompok orang tertentu. ini juga bisa berbahaya karena luka itu dapat mengakibatkan dendam antara satu dengan lainnya.
Maka idealnya memang harus menjaga keduanya yaitu substansi perkataan yang jujur dapat dipercaya dan disampaikan dengan tutur kata yang santun dengan mempertimbangkan perasaan pihak lain.
Mudah - mudahan tulisan ini dapat mengingatkan kembali pada penulis sendiri untuk memegang pepatah jawa ini dalam bertutur kata dan semoga bermanfaat juga bagi pembaca semuanya.




No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.