Wednesday, March 11, 2015

Diskusi Tentang Lingkungan, Korupsi dan Idealisme

sumber foto : nusantara-fighter.blogspot.com

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, Idealisme adalah  aliran ilmu filsafat yg menganggap pikiran atau cita-cita sbg satu-satunya hal yg benar yg dapat dicamkan dan dipahami; 2 hidup atau berusaha hidup menurut cita-cita, menurut patokan yg dianggap sempurna; 3 Sas aliran yg mementingkan khayal atau fantasi untuk menunjukkan keindahan dan kesempurnaan meskipun tidak sesuai dng kenyataan.
Diskusi tentang idealisme menjadi sangat menarik karena setiap orang tentu mempunyai pendapat dan sudut pandang sendiri. Sangat logis ketika ada seorang mahasiswa bertanya dan mengajakku diskusi karena merasa bingung dengan idealismenya sendiri, karena pada saat aku seumuran mahasiswa pun juga mengalami hal yang sama.
Menurutku Idealisme adalah suatu cita - cita memperjuangkan suatu tatanan di masyarakat sebagaimana yang ideal atau seharusnya menurut pemahaman teori atau pengalaman yang diyakini kebenarannya. 
Contoh Idealisme tentang menjaga dan melestarikan lingkungan. Idealisme ini di dasari pemahaman bahwa alam menyediakan sumber kehidupan untuk umat manusia, maka setiap orang harus berusaha menjaga dan melestarikannya demi terjaganya kualitas hidup saat ini dan masa depan. Saat ini masih banyak orang yang belum sadar akan arti pentingnya menjaga dan melestarikan alam, seperti membuang sampah sembarangan, menebang pohon hingga menggunduli hutan, memanfaatkan air tanah tanpa perhitungan dan sebagainya. Hal ini bagi orang yang punya idealisme lingkungan tentu tidak ideal atau belum ideal sehingga cita - citanya adalah bagaimana mewujudkan kondisi ideal atau setidaknya mendekati ideal agar masyarakat memperhatikan dan menjaga serta melestarikan alam.
Contoh lain idealisme tentang pentingnya memberantas korupsi...( bersambung)

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.