Friday, March 13, 2015

Idealisme Yang Realistis

Perjalananku di seputaran rawa pening beberapa hari lalu sepertinya membawa kejernihan hati. Niat golek banyu bening diseputaran rawa pening membawa dampak positif dalam memaknai hidup yang akhir - akhir ini memang sering menjadi topik hangat dalam diskusi dengan teman dan sahabat-sahabatku.
Tumbuh kembangnya semangat untuk selalu menjadi lebih baik dan lebih baik lagi adalah sinyal positif pengaruh itu. Motivasi untuk upgrade skill dan Knowlegde adalah bukti nyata pengaruh itu. Memang sejak pertemuan dengan salah seorang sahabat lama yang memberiku pencerahan dalam berbagai hal tentang hidup dan kehidupan, sedikit demi sedikit memantik nyala api jiwaku untuk terus maju dan berkembang. Inilah pada awalnya yang membawaku golek banyu bening di rawa pening.
Lebih nyata lagi tentang pentingnya upgrade capacity ini karena semakin lama jaman berubah modern yang menuntut kita untuk adaptasi. Inilah realitas kehidupan nyata yang kita hadapi saat ini. Prinsip - prinsip ( baca aturan - aturan) yang dulu sebagian sudah tidak relevan dengan kondisi jaman sehingga prinsip atau aturannya pun harus menyesuaikan. Inilah yang sebenarnya aku sebut sebagai realism.
Apa hubungannya dengan idealism? tentu ada. Secara panjang lebar idealism atau idealisme sudah ditulis dalam posting sebelumnya, dimana merupakan cita-cita untuk memperjuangkan realitas kehidupan yang ideal menurut teori dan prinsip yang kita yakini benar, dimana kadang harus merubah tatanan bahkan ada yang lebih ekstrem dengan melawan kekuasaan dan menentang kebiasaan.
Apakah idealismnya berubah ketika jaman berubah? idealismnya gak berubah tapi realitasnya yang berubah sehingga cara - cara yang dilakukan untuk menciptakan tatanan kehidupan ideal tentu juga harus berubah. Inilah yang kusebut sebagai idealisme yang realistis. Tentu ada yang setuju dan ada yang tidak setuju dengan pendapat ini. Monggo saja namun yang lebih penting dari itu semua adalah seberapa besar kontribusi kita terhadap masyarakat dimulai dari keluarga, lingkungan sekitar kita, negara, agama, bangsa dan dunia untuk menuju kehidupan yang lebih baik dan berkelanjutan.



No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.