Tuesday, March 24, 2015

Melihat Lebih Dalam : Antara Uang, Utang dan Isi Kutang


Uang adalah alat pembayaran yang sah untuk bertransaksi. Seorang petani menjual hasil pertaniannya ke pasar, lalu mendapatkan uang. Dengan uang yang didapat, petani akan membeli barang - barang kebutuhan hidupnya. Begitu juga yang lain, ada yang menjual barang atau jasa untuk mendapatkan uang lalu membeli barang atau jasa lainnya yang dibutuhkan. Itulah gunanya uang.
Utang adalah suatu kegiatan atau aktifitas meminjam uang baik pada orang lain maupun melalui lembaga keuangan seperti bank, koperasi ataupun usaha pembiayaan yang lain. Orang akan berhutang bila tidak punya uang atau mau membeli kebutuhan hidupnya tapi uangnya kurang. Itulah utang.
Kutang adalah pakaian dalam wanita yang biasa dipakai untuk menyangga "sesuatu" agar lebih nyaman dan terlihat cantik. Kutang juga mempunyai fungsi yang lain yaitu sebagai tempat menyimpan uang. Orang dulu menyimpan uang dalam kutang yang dipakainya. Itulah kutang.
Lalu apa hubungan antara uang, utang dan kutang?
Dalam dunia orang dewasa memenuhi kebutuhan hidup sehari - hari memang wajar sesekali atau bahkan berkali kali utang. Biasanya untuk memenuhi kebutuhan yang tidak biasa atau rutin, misalnya membayar sekolah anak, biaya rumah sakit anggota keluarga yang dirawat atau mau membuat perayaan hajatan untuk khitanan anak dan seterusnya. Namun ada fenomena yang sangat memprihatinkan yaitu gak punya uang, lalu utang untuk membeli isi kutang. hadew inilah hubungan ketiganya.(bersambung)

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.