Friday, March 13, 2015

Golek Banyu Bening di Seputar Rawa Pening

Daya Tarik Wisata Bukit Cinta Rawa Pening

Mahesa Djenar adalah tokoh sentral dalam cerita "Naga Sasra Sabuk Inten" yang ditulis oleh S.H Mintardja. Sebuah cerita silat yang kondang pada jamannya dan begitu menarik untuk dibaca ulang dan dibaca lagi. 
Banyubiru adalah satu lokasi yang dijadikan latar dalam cerita tersebut, digambarkan sebagai wilayah tanah perdikan bagian yang tak terpisahkan dari Kerajaan Demak Bintoro. Tanah yang subur merupakan penggambaran yang tepat dan pas untuk banyubiru karena setelah beberapa waktu lalu kulewati dan sempat berbincang dengan petani di sana memang membenarkannya.


Penampakan Sungai Tuntang Rawa Pening

Tulisan ini bukan untuk menceritakan kembali cerita silat Naga Sasra Sabuk Inten, namun tanpa disadari ketika lika liku jalan dan penampakan rawa pening di depan mata, ingatanku melayang tertuju pada setumpuk buku silat yang dulu sering kubaca itu. Bukan cerita kepahlawanan Mahesa Djenar dalam usahanya merebut kembali keris pusaka naga sasra sabuk inten, namun yang begitu lekat adalah sosok Mahesa Djenar dengan segala prinsip hidup yang melekat padanya. Seorang ksatria yang mengedepankan kepentingan masyarakat, pemberani membela kebenaran dan yang paling membuat aku tersenyum adalah sikap dan tingkah lakunya menghadapi roro wilis.
Iya roro wilis gadis ayu cucu ki Pandan Alas yang kemudian diceritakan dalam buku itu menjadi pacar dan istri Mahesa Djenar. Bagaimana ketika awal bertemu, kenalan sampai bagaimana Mahesa Djenar sangat menghargai harkat dan martabat seorang wanita yang begitu tinggi selalu teringat dan terpatri dalam hidupku.
Sikap keteladanan Sang Tokoh Mahesa Djenar benar-benar hadir kembali dalam perjalananku, dimana hari itu adalah sebuah perjalanan "golek banyu bening" di seputar rawa pening. Semoga aku dapat bener- bener memanfaatkan momentum ini sebagai langkah perbaikan dan keberhasilan di masa datang. Semangat!

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.