Pengembangan Potensi Spa Indonesia sebagai Destinasi budaya memiliki beberapa
latar belakang sebagai berikut :
• Spa
Tradisional Indonesia >> modal & identitas budaya (National
Cultural Identity), yg digali & dikembangkan dari unsur2
budaya Indonesia.
• Spa
Tradisional Indonesia>> fenomena localization,mengembangkan
unsur2 kekayaan tradisi budaya lokal yg
unik, khas & otentik sebagai destinasi utama pariwisata Spa dunia.
• Spa
Tradisional Indonesia, bagian tak terpisahkan dalam siklus kehidupan & perkembangan manusia: proses kelahiran, tumbuh-kembang bayi &
anak, haid, perawatan pra-perkawinan, kehamilan, menopause, post menopause.
• ASPEK
NILAI & FILOSOFI: “back to nature” & ramah
lingkungan; tabu, mitos, simbolisme ttg
kecantikan (luar & dalam), kebugaran & kesehatan, kebahagiaan, panjang
umur, nilai ttg keunggulan/manfaat.
• Proses
& Aktivitas Bersama: proses penanaman herbal, pengolahan bahan baku,
pendidikan terapis, proses pelayanan, pengembangan profesi herbalist &
Spa therapies, peracik jamu, dll.
• Aspek
hasil Karya: bahan baku flora fauna, ramuan, rempah2, aroma terapi, herbal
drinks, lulur, mangir, minyak pijat, batu, steam, peralatan,
kain, musik, desain interior ruang, dll.
• Bagian
dari tradisi budaya untuk berbagai kepentingan, antara lain: perawatan
kecantikan, kebugaran & kesehatan, keharmonisan pasangan suami-isteri,
perawatan calon pengantin, perawatan
pasca melahirkan, juga terkait dengan tumbuh kembang anak dari dalam kandungan s/d remaja.
• Memiliki
proses & metode yg otentik, unik & khas melalui: cara memijat,
penggunaan dan teknik membalur ramuan ke tubuh, penggunaan air, mandi uap &
penggunaan unsur lokal.
-paparan dari bu Yulia
No comments:
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.