Tuesday, October 24, 2017

Pengembangan Destinasi Wisata Spa Tradisional Indonesia

Pengembangan Potensi Spa Indonesia sebagai Destinasi budaya memiliki beberapa
latar belakang sebagai berikut :

       Spa Tradisional Indonesia >> modal & identitas budaya (National Cultural Identity), yg digali & dikembangkan dari unsur2 budaya Indonesia.
       Spa Tradisional Indonesia>> fenomena localization,mengembangkan unsur2 kekayaan tradisi budaya  lokal yg unik, khas & otentik sebagai destinasi utama pariwisata Spa dunia.
        Spa  Tradisional Indonesia, bagian tak terpisahkan dalam siklus kehidupan & perkembangan manusia:  proses kelahiran, tumbuh-kembang bayi & anak, haid, perawatan pra-perkawinan, kehamilan, menopause, post menopause. 


Spa Tradisional Indonesia dalam wujud 3 kebudayaan :
       ASPEK NILAI & FILOSOFI: “back to nature” & ramah lingkungan;  tabu, mitos, simbolisme ttg kecantikan (luar & dalam), kebugaran & kesehatan, kebahagiaan, panjang umur, nilai  ttg keunggulan/manfaat.
       Proses & Aktivitas Bersama: proses penanaman herbal, pengolahan bahan baku, pendidikan terapis, proses pelayanan, pengembangan profesi herbalist & Spa therapies, peracik jamu, dll.  
       Aspek hasil Karya: bahan baku flora fauna, ramuan, rempah2, aroma terapi, herbal drinks, lulur, mangir, minyak pijat, batu, steam, peralatan, kain,  musik, desain interior ruang, dll.

Kekuatan Potensi Spa Indonesia :
       Bagian dari tradisi budaya untuk berbagai kepentingan, antara lain: perawatan kecantikan, kebugaran & kesehatan, keharmonisan pasangan suami-isteri, perawatan calon pengantin,  perawatan pasca melahirkan, juga terkait dengan tumbuh kembang anak dari  dalam kandungan s/d remaja.
       Memiliki proses & metode yg otentik, unik & khas melalui: cara memijat, penggunaan dan teknik membalur ramuan ke tubuh, penggunaan air, mandi uap & penggunaan unsur lokal.

-paparan dari bu Yulia 

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.