Saturday, October 7, 2017

Strategi Menghadapi Anak Muda Yang Berpotensi



Berhadapan dengan anak muda selalu menimbulkan sensasi yang lebih dan luar biasa. Kaya ide, gagasan yang melimpah, serta energi yang meluap - luap adalah ciri khas yang melekat dan menjadi karakter mereka. Ide - ide itu kadang-kadang orisinil dan tak terpikirkan oleh kita, sementara gagasan-gagasan yang muncul lebih kepada kekayaan membaca literatur atau buku referensi yang berbobot. Tentang besarnya energi tentu tidak perlu diperdebatkan lagi.

Mempunyai ciri yang khas seperti diatas bukan berarti menghadapi mereka bisa apa adanya, karena setiap pribadi tetap mempunyai karakter yang berbeda, yang unik dan dapat membedakan satu dengan yang lain. Yang satu ceriwis bagai orator pejuang di siang bolong, yang satunya pendiem bagai es batu dalam kulkas. Yang lainnya pemikir yang cermat dan teliti, yang lainnya lagi si ceroboh yang selalu terburu - buru dan tidak fokus begitu seterusnya yang membedakan satu dengan yang lain.

Untuk itu diperlukan kemampuan membaca karakter dari tiap anak muda yang akan kita hadapi sebelum meutuskan bagaimana cara menghadapinya. Oh iya... berhadapan disini bukan berarti konflik, debat atau konfrontasi lo ya, tapi menghadapi dalam arti berkomunikasi, mendidik dan membimbing mereka yang muda yang menurutku sangat banyak potensi yang dapat digali.

Maka strategi menghadapi anak muda yang dimaksud adalah bagaimana cara memunculkan potensi anak muda yang masih tersimpan dan belum tergali menjadi suatu kemampuan yang unik dan merupakan keunggulan satu pribadi dibanding pribadi yang lain. Inilah tantangan kita sebagai orang tua, di tuakan atau menjadi panutan mereka. (bersambung)

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.