Wednesday, February 5, 2014

Belajar Marketing Dari Hermawan Kertajaya

Setiap hari bergelut dengan dunia pariwisata tidak mengendurkan semangat dan usahaku untuk terus belajar pemasaran atau marketing. Kesempatan bertemu dengan pakar marketing Hermawan Kertajaya tidak kusia siakan. Selain narsis foto bareng beliau, juga sempat ngobrol tentang beberapa hal terutama tentang city branding.
Tidak bijak klo di blog ini menceritakan apa yang kulakukan dalam belajar ilmu pemasaran. Prinsipnya yang namanya ilmu pemasaran ya tidak jauh - jauh dari segmentasi, targeting dan posisioning serta bauran pemasaran yang secara umum sering disebut dengan 4P : Produk, Price, Place dan Promotion. Namun dalam pemasaran pariwisata ditambah menjadi 7P yaitu product, price, place, promotion, people, process, dan physical evidence.
 
a. Produk
Produk jasa merupakan produk yang dapat memberikan manfaat, memenuhi kebutuhan konsumen, dan dapat memuaskan konsumen.

b. Price
Penetapan harga merupakan faktor utama penentu posisi dan harus diputuskan sesuai dengan target pasar, ragam produk,  pelayanan, serta persaingan.
 

c. Place
Tempat yang strategis menjadi salah satu keuntungan bagi perusahaan karena mudah terjangkau oleh konsumen, namun sekaligus juga menjadikan biaya investasi tempat menjadi mahal.

d. Promosi
Promosi merupakan suatu aktivitas  yang bertujuan mengkomunikasikan informasi persuasif yang menarik tentang produk yang ditawarkan oleh penjual/produsen, baik secara langsung maupun melalui pihak yang dapat mempengaruhi pembelian.

e. People/Tenaga Kerja
People merupakan aset utama dalam industri jasa. Kebutuhan konsumen terhadap karyawan berkinerja tinggi akan menyebabkan konsumen puas dan loyal. Kemampuan knowledge (pengetahuan) yang baik, akan menjadi kompetensi dasar dalam internal perusahaan dan pencitraan yang baik di luar. Faktor penting lainnnya dalam people adalah attitude dan motivation dari karyawan Moment of truth akan terjadi pada saat terjadi kontak antara karyawan dan konsumen. Attitude sangat penting, dapat diaplikasikan dalam berbagai bentuk, seperti penampilan karyawan, suara dalam bicara, body language, ekspresi wajah, dan tutur kata. Sedangkan motivasi karyawan diperlukan untuk mewujudkan penyampaian pesan dan jasa yang ditawarkan pada level yang diekspetasikan.

f. Proses
Process, mutu layanan jasa sangat bergantung pada proses penyampaian jasa kepada konsumen. Mengingat bahwa penggerak perusahaan jasa adalah karyawan itu sendiri, maka untuk menjamin mutu layanan, seluruh operasional perusahaan harus dijalankan sesuai dengan sistem dan prosedur yang terstandarisasi oleh karyawan yang berkompetensi, berkomitmen, dan loyal terhadap perusahaan tempatnya bekerja.

g. Physical Evidence
Bangunan merupakan bagian dari bukti fisik, karakteristik yang menjadi persyaratan yang bernilai tambah bagi konsumen dalam perusahaan jasa yang memiliki karakter . Perhatian terhadap interior, perlengkapan bangunan, termasuk lightning system, dan tata ruang yang lapang menjadi perhatian penting dan dapat mempengaruhi suasana hati pengunjung.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.