Wednesday, February 12, 2014

Bina Pelaku Usaha Pariwisata Kota Semarang Tahun 2014 : " Pariwisata Sehat"


I.              DASAR PEMIKIRAN

Three „T‟ Revolution yaitu kemajuan teknologi transportasi, telekomunikasi dan tourism menyebabkan segalanya menjadi mudah bagi orang-orang untuk melakukan perjalanan wisata.
 Kecepatan dan kapasitas pesawat penumpang yang semakin meningkat, transportasi darat dan laut yang semakin nyaman, teknologi telekomunikasi yang semakin canggih mengakibatkan informasi dengan cepat dan mudah diperoleh, yang mendorong orang-orang untuk melakukan perjalanan ke seluruh dunia.
Kenyataan ini memberi peluang perkembangan usaha pariwisata yang semakin pesat sekaligus mengandung resiko akibat banyak pendatang yang masuk ke kota tujuan wisata. Antara lain peredaran narkoba dan obat terlarang, penyebaran penyakit termasuk IMR, HIV dan Aids. Selain upaya penanggulangan resiko – resiko tersebut, juga diperlukan gerakan bersama yang bersifat preventif seperti gerakan Kota Sehat dan Pariwisata Sehat.

II.            FAKTA DAN PERMASALAHAN

1.    Kota Semarang peringkat pertama di Jateng pengidap HIV AIDS terbanyak yaitu pada tahun 2011 ditemukan 46 kasus HIV AIDS ditemukan di Kota Semarang dan meningkat menjadi 90 kasus pada tahun 2012.
2.    Kota Semarang merupakan satu dari Sepuluh kabupaten/kota yang rawan peredaran narkoba selain  Solo, Kabupaten Banyumas, Cilacap, Magelang, Sragen, Jepara, Batang, Pemalang dan Wonosobo.

     III. RESPON TERHADAP MASALAH
Fakta ini sangat memprihatinkan, sehingga harus ada langkah-langkah konkret untuk penanggulangan masalah ini sesuai dengan tugas pembinaan masing – masing. Untuk itu diperlukan program yang terarah dan terpadu dan berkelanjutan.
Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang mencoba mengajak stakeholder terkait untuk mensosialisasikan kembali upaya – upaya penanggulangan masalah narkoba, aids dan juga gerakan pariwisata sehat yang dikemas dalam kegiatan “ Bina Pelaku Usaha Pariwisata dengan Tema : Pariwisata Sehat” pada Tanggal 27 Februari 2014 di Hotel Grand Candi.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.