Tuesday, February 11, 2014

Satu Jam Bersama Warnet XYZ

"Sekelompok muda - mudi memasuki bilik warnet dengan penuh harapan. Hari ini adalah jadwal pelatihan gratis yang diselenggarakan oleh Warnet XYZ selama 1 jam. Materi pelatihan yang mereka pilih adalah paket dasar terdiri dari browsing, email dan chating. Mereka memilih paket ini karena masih awam dengan dunia internet karena mereka adalah kelompok muda - mudi karang taruna disebuah dusun kecil. bagaimana hasil pelatihannya?"

Tulisan ini adalah lanjutan dari" bekerja kreatif membangun negeri".
Setelah bekerja menjadi operator warnet memasuki tahun ketiga, aku dipilih menjadi koordinator marketing. Sebuah tantangan yang wajib dicoba karena pada saat yang sama aku sambil kuliah di STIE mengambil jurusan manajemen pemasaran. Beberapa hal yang sudah dilaksanakan sebelumnya tetap kulanjutkan, misalnya membuat dan memasang spanduk-spanduk, pamlet, leaflet dan selebaran. Namun hasilnya belum memuaskan. Antara target minimal dengan pendapatan masih relatif sama sehingga aku dan teman-teman operator yang lain hanya menerima pengganti uang bensin sebesar 250ribu per bulan. Angka yang kecil apabila dibandingkan harus menopang hidup, membayar kuliah dan kegiatan sosial lainnya.
 
Beberapa langkah terobosan kulakukan. Pada saat itu akses internet belum menjadi kebutuhan seperti sekarang, masih dianggap sebagai teknologi tinggi dan persepsi orang apabila datang ke warnet masih banyak yang negatif. Untuk memberi solusi, aku membuat program pelatihan gratis yang dikemas dengan " satu jam bersama warnet XYZ" Tujuannya adalah untuk memberikan pendidikan pada cutomer dan calon customer agar menyadari akan pentingnya menggunakan akses internet dan memaksimalkan manfaat akses internet untuk mempelajari ilmu pengetahuan, alat komunikasi dan pergaulan serta bisa juga dimanfaatkan untuk mencari uang atau bisnis.

Target sasaran adalah kelompok pemuda dan karang taruna, sekolah smp dan sma serta smk, guru - guru bahkan juga pengusaha UMKM. Waktu pelatihan ditetapkan satu jam, maksudnya adalah calon customer atau customer akan menjalani pelatihan gratis selama 1 jam baik akses internetnya maupun pelatihannya, setelah mereka tahu, paham dan mengerti manfaatnya, dipastikan akan menambah jam bahkan mungkin ke esokan harinya akan datang lagi dengan membayar akses internetnya saja. Pelatihan atau pembimbingannya oleh teman - teman operator tetap gratis alias tidak membayar.
 
Bersambung ke bag 3 : "Bersiap Debat Bersama Warnet XYZ"

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.